Menu Anak Kost Mudah

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar tentang kumpulan resep anak kost? Pasti yang terbayang adalah menu yang mudah dan murah, praktis dan tak memakan biaya. Seperti yang kita tahu, anak kost sangat identik dengan gaya hidup hemat dan berbiaya rendah. Wajar saja, umumnya anak kost adalah orang-orang yang berada di perantauan, jauh dari rumah untuk bersekolah, berkuliah, sampai bekerja. Adanya biaya wajib untuk sewa kost membuat para anak kost harus berhemat termasuk untuk pengeluaran makan sehari-hari. Meski begitu, ada banyak cara menghemat, salah satunya adalah memasak sendiri jika memungkinkan. Berikut ini kumpulan menu anak kost mudah dan murah yang bisa Anda coba.

Sayur sop sederhana

Pasti Anda semua sudah familiar dengan sayur satu ini bukan? Sayur bening dengan aneka sayur yang biasa dimasak bersama lauk hewani seperti ayam, daging, bahkan ikan. Nah, supaya proses memasak Anda lebih praktis dan hemat waktu, tenaga, juga biaya, upayakan memasak sop sekalian dengan lauk hewaninya agar tidak memasak dua kali. Anda bebas memilih lauk hewani yang tersedia dan terjangkau dompet, bahkan jika menggunakan sosis, telur, ataupun tahu sah sah saja. Ingat, meski tinggal di kost-kostan dan wajib berhemat, Anda tetap harus mengupayakan makan gizi seimbang untuk kesehatan tubuh, ya. Itulah tujuan kumpulan menu anak kost ini dibuat.

Mie rebus atau mie goreng

Eits, mie rebus atau mie goreng yang dimaksud di sini bukan mie instan yaa. Tapi mie biasa, semacam mie kuning atau mungkin bihun yang nantinya harus dibumbui dan dimasak sendiri. Tentu meski harus membumbui mie sendiri, masak mie seperti ini jauh lebih mudah daripada memasak menu besar. Anda tinggal merendam atau merebus mie dalam air mendidih hingga lunak sebelum siap digunakan. Tumis duo bawang dan cabe jika suka, sebelum masukkan mie dan tambahkan bumbu lain semisal kecap, saus, penyedap, sesuai selera. Nah, karena ini resep mudah, murah, dan dipastikan bergizi seimbang, jangan lupa tambahkan sayuran dan lauk hewani. 

Anda bisa memilih sayuran semacam sawi, kubis, wortel, bahkan kangkung atau bayam sekalipun. Untuk lauk, tahu, tempe, telur, suwiran ayam, bisa jadi pilihan. Masak semuanya dalam satu wajan dan menu makan siang makan malam Anda bisa terselesaikan dalam satu kali masak. Meski bagi sebagian besar orang Indonesia, makan mie sekalipun tetap saja berasa belum kenyang karena belum ketemu nasi, percayalah mie adalah sumber karbohidrat yang seharusnya membuat perut cukup puas tanpa harus makan nasi lagi. Semua itu ada di kepercayaan, kebiasaan, dan kekuatan pikiran kita.

Sayur santan kepala ikan

Resep ketiga dalam kumpulan menu anak kost ini dikhususkan untuk Anda penggemar makanan bersantan. Jika ingin makan puas sayur nangka santan atau daun singkong, Anda sebenarnya tak perlu repot ke rumah makan atau warteg kalau saja mau belajar menyiapkannya sendiri. Selain hemat, memasak sendiri juga membuat Anda bebas berkreasi salah satunya dengan memasukkan lauk hewani ke dalam sayuran santan dan dimasak bersamaan. Katakanlah Anda memasak sayur santan kepala ikan yang nikmat itu. Tentu, jangan hanya kepala ikan yang dimasak tetapi tambahkan daging ikan juga agar lebih enak dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Anda juga bisa menggunakan ikan teri kering sebagai pengganti kepala ikan atau ikan asin. Hmm, pasti rasanya lebih nendang apalagi ditambah sambal terasi.

Itulah kumpulan menu anak kost mudah, murah, dan bernutrisi. Sekali lagi, kehidupan berhemat anak kost tak harus membuat Anda makan seadanya dan tanpa memperhatikan nilai gizi, ya.