makanan favorit khas makassar

makanan-favorit-khas-makassar

BermanfaatBanget.com – Makassar memang menjadi salah satu kota menarik yang ada di Indonesia baik dari segi tempat wisatanya maupun kuliner khasnya. Makassar adakah kota yang sangat kreatif hal inilah yang membuat banyak orang sering memutuskan untuk berlibur ke kota Makassar. Selain menyenangkan Makassar juga memiliki makanan khas yang sangat jarang ada di kota lainnya. Tak jarang banyak sekali makanan khas Makassar yang sangat banyak dijadikan untuk bisnis kuliner dan menjadi ikon di tempat makan tersebut. Kali ini kita memang akan membahas apa saja sih makanan khas Makassar yang banyak digemari dan memiliki rasa yang enak. Mau tahu? Berikut simak ulasannya.





x

1.Coto Makassar

Pasti kamu mengira kalau nama makanan di atas agak sedikit terkesan lebay, faktanya nama itu ada sebelum kata lebay ada. Makanan yang satu ini memang merupakan makanan berkuah seperti soto namun memiliki rasa yang berbeda. Makanan ini dibuat dengan rempah-rempah dan bahan utama daging yang disajikan bersama kuah yang gurih. Makanan ini termasuk menjadi makanan favorit kota Makassar yang wajib kalian cicipi jika berkunjung ke kota Makassar. Makanan ini juga sangat cocok dimakan dengan campuran sambal dan saus seperti halnya soto lainnya namun soal sensasi pasti sangat berbeda.

2.Konro

Konro merupakan makanan khas Makassar yang juga menjadi makanan khas kota Makassar yang paling banyak digemari. Mungkin nama konro sedikit terdengar asing di telinga kalian, makanan yang memiliki bahan utama daging dan iga sapi yang dimasak dengan cara direbus bersama kayu manis membuat lidah orang menjadi sangat terpuaskan. Bahan rempah-rempah juga ikut serta dalam sebuah rasa konro sehingga membuat rasa makanan ini menjadi sangat bervariasi. Jika kamu berkunjung ke kota Makassar tidak sulit untuk menemukannya karena makanan ini memang dijual hampir di berbagai tempat makan di kota Makassar.

3.Pallubasa

Makanan favorit khas kota Makassar selanjutnya yaitu pallubasa yang cara pembuatannya hampir mirip dengan coto Makassar namun berbeda soal rasa. Bahan utama makanan ini adalah jeroan sapi dan berbagai macam rempah-rempah yang membuat rasa makanan ini begitu khas. Yang lebih unik adalah cara memasaknya yang begitu lama seperti yang kita ketahui jeroan memang harus dimasak dengan durasi yang lama agar dapat dikunyah dan dikonsumsi. Makanan ini sangat cocok untuk disandingkan dengan nasi apa lagi jika ditambah dengan sambal pasti akan lebih menambah cita rasa. Makanan ini sangat banyak disajikan di tempat makan Makassar jadi kamu tak perlu repot untuk mencarinya.

4.Pallumara

Memang namanya agak sedikit mirip seperti makanan yang kita bahas di atas namun sangat berbeda dari segi bahan dan rasa. Makanan khas Makassar yang satu ini masuk ke kategori seafood karena makanan ini memang berbahan utama ikan. Makanan ini juga memiliki warna kuning yang sangat pekat yang dihasilkan dari kunyit sehingga makanan mirip dengan ikan asam manis. Namun yang membedakannya adalah bahan ikan yang memilih ikan kakap merah sebagai ikon makanan ini. Rasa dari makanan ini sangat lezat yang memiliki rasa gurih dan manis membuat lidah orang yang mencicipinya menjadi puas. 

Nah itulah berbagai makanan khas Makassar yang sudah kita bahas di atas. Makanan di atas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dan soal rasa itu kembali lagi soal selera, jadi kalian tertarik dengan makanan khas Makassar yang mana?


Baca juga: 5 Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung