sayur sop ayam

Makan sayur sop ayam sangat cocok saat musim dingin. Karena bisa menghangatkan tubuh, dan juga memberikan banyak vitamin pada tubuh. Namun tidak hanya pada musim dingin saja, saat musim panas juga cocok, karena rasanya segar dan bisa menambah semangat. Sayur sop ayam bagus untuk dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak balita hingga orangtua. Kandungannya ada banyak sekali di dalamnya, mulai dari protein nabati, lemak pada ayam, dan juga ada karbohidrat pada kentang. Ada banyak resep masakan rumahan yang bisa kita lihat pada website masakan, atau pada saat acara memasak di TV.

Cara Masak Sayur Sop Ayam

Untuk dapat masak sop dengan rasa yang lezat, harus mengetahui resep masakan rumahan sop ayam. Ada banyak saat ini aplikasi yang menampilkan resep-resep masakan. Jadi bagi yang masih belajar masak, bisa melihat beberapa resep yang bisa kita simpan untuk dicoba memasaknya. Untuk  bumbu yang dibutuhkan ada bawang putih dan merica. 

Lebih enak lagi kalau kedua bumbu tersebut sudah diulek atau ditumbuk bersama. Jika menggunakan bumbu yang sudah jadi, atau bumbu kemasan rasanya akan berbeda dengan yang diulek tadi. Namun jika yang ingin praktis, bisa menggunakan bumbu sop yang dijual pada warung. Untuk memulai masak sayur sop ayam, bahan yang dibutuhkan :

Ayam potong ¼ kg

Kentang 2 buah

Wortel 3 buah

Buncis satu ons

Brokoli 1 buah

Kembang kol ¼ kg

Daun prei

Selanjutnya bumbu yang perlu disiapkan, yaitu bawang putih, merica, dan bawang merah goreng, garam, micin.

Langkah untuk membuat sayur sop ayam :

Panaskan air dalam panci untuk merebus ayam terlebih dahulu.

Cuci ayam dan potonglah kecil-kecil. Pisahkan kulit dan daging ayam agar menghasilkan kaldu yang banyak. 

Setelah air matang. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam panci. Rebuslah ayam tadi hingga matang. Jangan lupa masukkan bawang putih juga ke dalam panci.

Sambil menunggu ayam matang, potonglah bahan-bahan yang sudah disiapkan untuk sop.

Cuci bersihah beberapa sayuran tadi, seperti wortel, kentang, kol, buncis dan juga brokoli, dan masukkan satu persatu.

Masukkan wortel terlebih dahulu, karena wortel agak lama untuk memasaknya hingga empuk.

Setelah itu, masukkan kentang dan tunggu hingga matang

Lanjut masukkan buncis dan brokoli secara bersamaan. Masak hingga terlihat agak matang.

Terakhir masukkan kembang kol hingga agak layu.

Jika sudah matang semua, berikan bumbu garam, merica sesuai selera.

Taburkan daun prei atau daun bawang dan juga bawang goreng.

Sayur sop ayam hangat siap dihidangkan.

Ada kota yang terkenal dengan sop ayam nya, yakni sop ayam klaten. Rasanya lebih gurih dan segar. Macam-macam sop ayam juga ada banyak sekali variannya saat ini. Ada yang menambahkan telur puyuh, ada pula yang menambahkan jamur dan jagung didalamnya. Sayur sop memang merupakan sayur campuran yang dijadikan satu. 

Sehingga kita tidak perlu khawatir dengan manfaat yang ada pada sayur sop. Untuk anak balta yang badannya kurus, atau yang sedang batuk pilek disarankan makan sayur sop ayam. Ini merupak booster untuk tubuh agar lebih berstamina dan bergizi. Resep masakan rumahan sayur sop ayam lebih sehat dibandingkan kita beli diwarung. Karena lebih higienis dan lebih rasanya bisa diatur sesuai dengan selera.