makanan sehat anak kos

Saat ini kita berada dalam kondisi yang membatasi aktivitas kita. Semua kegiatan kita disarankan untuk dilakukan dari rumah. Kondisi inilah yang membuat beberapa orang malas untuk bergerak sehingga membuat imunnya menurun. Selain itu, bagi kamu yang saat ini menjalani kehidupan anak kos mungkin juga menghabiskan banyak waktumu di dalam kos karena kuliah daring atau kerja dari rumah atau WFH.

Meskipun begitu, kamu tetap harus menjaga imunmu agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Selain berolahraga secara rutin, kamu juga harus mengonsumsi makanan sehat yang mampu menjaga imun. Apa saja makanan tersebut?

Bayam

Sebenarnya ada banyak makanan sehat untuk anak kos yang bisa meningkatkan daya tubuh. Salah satunya adalah bayam. Seperti yang kita tahu bahwa bayam mengandung banyak zat bermanfaat seperti vitamin dan juga mineral. Terdapat banyak vitamin yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, dan juga vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara mineral yang terkandung di dalam bayar seperti zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, sodium, serta potasium. Bayam juga memiliki banyak serat dan berperan sebagai antioksidan. 

Yogurt

Yogurt termasuk makanan yang mengandung probiotik tinggi. Selain itu di dalamnya juga terdapat bakteri baik yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Di dalam yogurt, terkandung beberapa zat seperti vitamin B kompleks, fosfor, magnesium, kalium, selenium, zat besi, dan juga zink.

Vitamin B12 yang terdapat di dalam yogurt berguna dalam melancarkan sistem saraf serta melindungimu dari terkena penyakit jantung. Untuk kandungan gizi dan mineral yang terdapat di dalamnya juga berperan dalam meningkatkan produksi sel T, termasuk sel darah putih yang memiliki tugas dalam melawan penyakit dan meningkatkan sistem imun. 

Kamu bisa mengonsumsi yogurt secara rutin dengan kadar yang sewajarnya. Dengan begitu, imunmu akan tetap terjaga. Kamu juga akan terhindar dari infeksi dan infeksi.

Brokoli

Makanan sehat untuk anak kos agar imunnya terjaga yaitu brokoli. Sama dengan bayam, brokoli juga merupakan sayuran yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi brokoli secara rutin dan kamu jadikan sebagai menu makananmu. Di dalam brokoli terkandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika sistem imunmu baik, kamu tidak mudah terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi brokoli dengan cara direbus, dikukus, maupun diolah dengan cara ditumis atau dicampurkan ke dalam sup.

Pepaya

Sekarang kita beralih ke buah-buahan. Ternyata pepaya merupakan salah satu buah yang juga bisa menjaga sistem imun. Pepaya merupakan buah yang mudah kita temukan dan terkenal memiliki rasa yang manis. Di dalam buah ini ternyata ada banyak kandungan zat yang bermanfaat seperti vitamin A, B1, B5, B3, vitamin K, vitamin E, serat, likopen, potasium, kalsium, serta magnesium.

Vitamin A, C, serta E yang ada di dalam pepaya berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa terhindar dari beragam infeksi seperti flu maupun pilek. Kamu bisa mengonsumsi pepaya sambil bersantai.

Itulah beberapa makanan sehat untuk anak kos agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Namun perlu diingat bahwa kamu juga harus rutin berolahraga serta menerapkan 5 M. Dengan begitu, kamu akan selalu dalam kondisi yang sehat dan bugar. Semoga bermanfaat.