flek hitam

cara-menghilangkan-flek-hitam-bermanfaatbanget

BermanfaatBanget.com Memang ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Flek hitam sendiri adalah salah satu permasalahan kulit wajah yang banyak ditemui oleh wanita di usia 30 tahun ke atas. Namun ada pula orang yang sudah memiliki flek wajah dari bawaan lahir.

Adanya flek wajah ini terkadang membuat seseorang khususnya perempuan menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya, sehingga ia mencari berbagai cara untuk menghilangkan flek hitam yang terdapat di wajahnya.

Tak perlu menunggu terlalu lama, kini banyak cara menghilangkan flek hitam secara cepat yang dapat Anda coba melalui bantuan medis dan produk yang ampuh. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Flek Hitam

1. Krim Pencerah Wajah

Salah satu cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah yang direkomendasikan oleh dokter adalah dengan menggunakan krim wajah. Anda bisa mengaplikasikannya untuk meringankan flek hitam pada wajah yang membandel.

Krim pencerah ini mungkin didasarkan pada hidrokuinon, asam alfa hidroksi (AHA), vitamin C, retinoid, asam azelaat, atau sistein, namun, penggunaan krim pencerah ini mungkin memiliki efek samping.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan antara lain kulit kering, warna kulit berbeda di beberapa tempat, peradangan, rasa terbakar, iritasi kulit, pengelupasan kulit, kulit sensitif, dan ruam. Jika pengaplikasian krim pencerah pada wajah bisa menimbulkan efek samping, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit yang tidak biasa.

2. Produk yang Mengandung Retinol

Produk perawatan kulit yang mengandung retinol bisa menjadi cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Selain retinol, produk perawatan kulit ini biasanya juga mengandung AHA yang bagus untuk mempercepat regenerasi dan pengelupasan sel kulit sehingga menjadikan kulit lebih sehat.

Jika Anda mengikuti cara menghilangkan flek hitam di wajah ini, Anda akan merasakan efeknya selama beberapa bulan ke depan. Pastikan Anda menggunakan tabir surya setiap hari saat menggunakan produk perawatan kulit retinol.

3. Chemical Peeling

Cara cepat menghilangkan flek hitam membandel di wajah adalah dengan chemical peel. Dalam perawatan ini, dokter kulit akan menggunakan larutan kimia asam glikolat atau asam trikloroasetat. Larutan tersebut untuk mengelupas area kulit wajah dengan flek hitam untuk kesehatan kulit. 

Namun, prosedur medis ini tidak menghindari efek samping. Beberapa efek samping chemical peeling antara lain kemerahan, kulit perih, kulit mengelupas, iritasi, pengelupasan kulit, dan bengkak.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kegiatan Outdoor

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur kosmetik non bedah yang bertujuan untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit secara keseluruhan.Mikrodermabrasi digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, keriput, garis halus, flek hitam pada wajah, flek, bekas jerawat, dan kondisi kulit lainnya.

5. Perawatan Laser

Cara menghilangkan flek hitam di wajah juga bisa dilakukan dengan bantuan laser. Ini bekerja dengan mengaplikasikan sinar laser ke area wajah yang terdapat bekas jerawat. Orang yang saat ini menggunakan krim wajah tertentu harus memberi tahu dokter kulit mereka terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki riwayat luka dingin, Anda mungkin perlu minum obat antivirus sebelum operasi laser. Efek samping dari perawatan laser ini antara lain pengelupasan kulit, kemerahan, gatal, perubahan warna, infeksi, kulit bengkak, dan kulit bersisik.

6. Cryosurgery

Tidak seperti perawatan laser, cryosurgery membekukan area wajah yang memiliki flek hitam dengan nitrogen cair untuk menghancurkan sel kulit. Efek samping dari cara menghilangkan flek hitam yang satu ini mungkin dialami selama prosedur ini termasuk ruam, pigmentasi kulit menurun, dan perdarahan.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam yang bisa Anda coba. Perlu diketahui, ada baiknya ketika mencoba beberapa cara di atas Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter khusus kecantikan, sehingga perawatan yang Anda coba memang cocok untuk kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Tips Perawatan Tipe Kulit Kombinasi