keutamaan sholat tahajud



6 Keutamaan Sholat Tahajud Serta Tata Cara Pelaksanaannya.


bermanfaatbanget.com – Sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakadah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Sholat tahajud ini bukan sholat yang diwajibkan bagi umat Islam dan bisa dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Selain itu, sholat tahajud ini merupakan ibadah sholat sunnah yang memilki banyak keutamaan. 

Berikut beberapa keutamaan sholat tahajud.

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Doanya Dikabul

Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman : “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

2. Jalan Untuk Masuk Surga

Selain doanya terkabul, sholat tahajud juga bisa menjadi jalan untuk masuk surga. Berikut hadits dari Abdullah Ibnu Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

3. Amalan Yang Akan Membantu Di Akhirat

Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman di dalam Al Quran : “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah Subhana wa Ta’ala berikan kepada mereka. Sebelunya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampunan kepada Allah.” (QS. Az Zariyat : 15-18). 

Baca Juga : Daftar Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami

4. Merupakan Kebiasaan Orang Sholeh

Perlu diketahui bahwa sholat tahajud ini adalah kebiasaan orang-orang sholeh. Hal ini sesuai dengan bunyi dalam hadits sebagai berikut :

“Biasakanlah dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi (kebiasaan) orang-orang sholeh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad). 

5. Menjaga Kesehatan Rohani

Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman di dalam Al Quran :”Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan : 63-64). 

6. Tata Cara Sholat Tahajud

Setelah mengetahui keutamaan sholat tahajud, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana tata cara sholat tahajud yang benar. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  1. Niat sholat tahajud

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa

Artinya : “Aku niat sholat tahajud dua rokaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  1. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

  2. Membaca surat Al Fatihah

  3. Membaca surat dalam Al Quran yang dihafal. Kalau Nabi biasanya membaca surat-surat yang panjang

  4. Rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa rukuk

  5. I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal

  6. Sujud dengan tuma’ninah sambil membaca doa sujud

  7. Ulangi gerakan seperti rakaat pertama

  8. Pada tahiyat akhir, baca doa tahiyat akhir

  9. Melakukan gerakan salam

  10. Sesudah salam disunnahkan membaca bacaan tahlil, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, lalu membaca doa sholat tahajud