kata-kata motivasi islami

kata motivasi islami

BermanfaatBanget.com – Dalam keadaan terpuruk atau sedih karena suatu hal, selain membutuhkan suatu hal yang menghibur, setiap orang juga terkadang membutuhkan kata-kata yang memotivasinya untuk tetap tegar dan kuat menjalani kehidupannya walau sedang dirundung kesedihan.

Kata-kata yang memotivasi seringkali mampu membangkitkan lagi semangat yang sedang terpuruk. Selain itu kata-kata yang memotivasi juga dapat mengingatkan kita bahwa kesedihan bukanlah akhir dari segalanya. Selain dapat memotivasi orang lain yang sedang bersedih dan terpuruk, kata motivasi juga mampu untuk membangkitkan semangat bagi diri sendiri ketika bersedih. 
Dalam agama Islam, ada banyak sekali kalimat motivasi yang bisa dengan mudah kamu temukan di dalam ayat Al-Qur’an dan juga hadits-hadits Rasul. Kata-kata motivasi dengan berbagai situasi tentunya akan memotivasi kamu untuk tetap menjalani hidup walau sedang dalam keadaan terpuruk. 
Berikut ini adalah kata-kata motivasi Islami yang akan sering kita temukan dalam berbagai situasi kesulitan atau kesedihan.

Kumpulan Kata-kata Motivasi Islami

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang”

Kalimat ini akan kamu temukan dalam Quran Surat Ar-Ra’d ayat 28 yang memiliki makna bahwa untuk menenangkan hati, kamu perlu mengingat Allah. Jangan sampai ketika kamu dirundung kegelisahan justru malah menjerumuskan kamu ke dalam maksiat.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”

Kalimat ini mungkin terdengar sederhana, namun mengingatkan kepada kita bahwa Allah tidak akan memberikan kita cobaan melebihi dari batas kemampuan kita, sehingga kita harus selalu optimis bahwa kita mampu menyelesaikan suatu masalah yang sedang kita hadapi, jangan sampai merasa bahwa kita tidak akan mampu dan merasa Allah SWT memberikan beban yang melebihi batas kemampuan kita. Kutipan ini merupakan arti dari Quran Surat Al-Baqarah ayat 286

“Jangan bersedih! Sesungguhnya Allah bersama kita”

Kalimat ini mungkin sering kamu dengar dari orang-orang yang sedang bersedih, kalimat ini merupakan arti dari Quran Surat At-Taubah ayat 40 yang mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh terus menerus bersedih, ingatlah bahwa Allah SWT selalu mengiringi kita bahkan ketika kita sedang bersedih. Teruslah berjuang dan menjalani hidup walau sedang dirundung kesedihan dan selalu ingat bahwa ada Allah yang pastinya akan selalu memberikan jalan hidup yang terbaik untuk kita semua selaku umatnya.

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”

Kalimat ini berasal dari Quran Surat Al-Insyirah ayat 6 yang memiliki makna bahwa akan selalu ada kemudahan yang menyertai setelah kita dilanda kesulitan. Kalimat ini mengingatkan kita untuk tetap berjuang dan berusaha serta yakin bahwa Allah menurunkan kesulitan pasti dibarengi dengan kemudahan kepada kita. Janganlah beranggapan bahwa ketika kita dilanda kesulitan itu adalah akhir dari perjuangan kita.

“Maka bersabarlah, sesungguhnya janji Allah itu nyata”

Kalimat yang selanjutnya berasal dari Quran Surat Ar-Rum ayat 60 yang mengingatkan kita untuk tetap sabar dalam menghadapi kesulitan karena Allah akan senantiasa menepati janjinya, diantara sekian banyak janji Allah ialah terdapat pada kalimat yang sebelumnya yaitu akan ada kemudahan setelah datangnya kesulitan, selagi kita senantiasa berusaha. Maka janganlah berhenti berusaha untuk mencari jalan keluar dari masalah yang kita hadapi, maka Allah akan memberikan jalan kepada kita untuk mendapatkan jalan keluar.

Itu dia beberapa kata-kata motivasi Islami yang mudah-mudahan dapat menjadi motivasi ketika kita sedang dilanda kesulitan dan kesedihan. Semoga kalimat ini mampu menjaga agar kita tetap semangat dan memiliki keinginan tinggi untuk berjuang menghadapi apapun kesulitan yang kita hadapi.

Baca juga: Ikigai, Konsep Hidup Orang Jepang dan Cara Menemukannya