cara hidup sehat

Bermanfaatbanget.com – Kesehatan itu sangat mahal harganya bagi manusia. Oleh karena itu kita haru menjaga serta merawat kesehatan tersebut.

Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan segala aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan itu? Nah untuk itu dalam artikel kali ini akan memberikan 10 cara hidup sehat sebagai berikut ini:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mungkin sebagian besar dari anda sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap harinya. Tentunya hal ini merupakan kondisi yang tidak baik, sebab air ini sangat penting bagi tubuh manusia.

Setiap harinya anda akan kehilangan air melalu urine, buang air besar, keringat dan pernapasan. Dengan demikian, anda perlu mengisi asupan air di dalam tubuh setiap harinya.

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa jumlah air yang dibutuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor.

Seperti kondisi cuaca/iklim, aktivitas fisik yang dilakukan, dan berat badan. Pada umumnya manusia membutuhkan 2,7-3,7 liter asupan air setiap harinya.

Nah, jika muncul tanda-tanda seperti urine berwarna agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil.

Maka segeralah minum air putih karena itu tanda bahwa anda kekurangan cairan di dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat air putih untuk kesehatan:

Bisa Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Pada saat kita tidur di malam hari, tubuh kita ini memperbaiki diri serta mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

Sehingga, pada saat kita minum air putih pada waktu perut masih kosong di pagi hari, maka air putih tersebut bisa membersihkan racun di dalam tubuh kita, dan akhirnya tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

Selain itu, dengan sering meminum air putih juga bisa membantu untuk meningkatkan produksi sel darah baru dan sel otot.

Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menurut penelitian, bahwa dengan meminum air putih pada saat perut kosong mampu meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh kita, setidaknya 24%.

Sehingga hal tersebut sangat penting, terutama bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet.

Karena dengan sistem metabolisme yang meningkat, otomatis sistem pencernaan akan menjadi lebih baik, dan kita bisa mengikuti program diet dengan baik jika sistem pencernaan kita bisa lebih cepat untuk menyerap nutrisi.

Membuat Kulit Semakin Sehat Dan Kencang

Perlu anda ketahui bahwa dehidrasi bisa menyebabkan penuaan dini. Dan pada sebuah penelitian menemukan, bahwa dengan minum air putih sebanyak 500 ml pada saat perut belum terisi bisa meningkatkan aliran darah di kulit serta membuat kulit lebih bersinar.

Selain itu, dengan memperbanyak minum air putih sepanjang hari, maka akan banyak racun yang akan dikeluarkan dalam tubuh yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

Mencegah Obesitas

Jika kita minum air putih pada pagi hari ketika perut belum terisi, maka akan mengeluarkan semua racun dan hal tersebut bisa memperbaiki sistem pencernaan kita.

Sehingga kita akan menjadi tidak merasa lapar dan hasrat unuk makan akan semakin berkurang, yang akhirnya bisa mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Tidur dan Istirahat Yang Cukup

Tips hidup sehat berikutnya adalah tidur dan istirahat yang cukup. Bahkan bisa dikatakan tidur dan istirahat yang cukup ini merupakan salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat.

Hal ini sangatlah beralasan karena tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk bisa beraktifitas kembali denga maksimal.

Namun, jika anda tidak bisa beristirahat dengan baik, anda bisa mengkompensasi dengan memberikan makan lebih banyak.

Akan tetapi, hal ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Selain itu, istirahat dan tidur yang cukup juga bisa mencegah penuaan dini.

3. Meditasi

Cara hidup sehat lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan meditasi. Dimana, meditasi ini merupakan proses menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa.

Ketenangan ini sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena bisa menjauhkan anda dari stres yang menjadi sumber dari timbulnya berbagai macam penyakit.

4. Olahraga Yang Teratur

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berolahraga setiap hari akan membawa manfaat bagi kesehatan, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi serta penurunan berat badan.

Nah, jika anda tidak memiliki banyak watu untuk berolahraga atau pergi ke tempat pusat kebugaran, maka anda bisa melakukan olaharaga ringan seperti berjalan kaki atau aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga, dan lain sebagainya.

5. Jadikan Olahraga Sebagai Kesenangan

Ketika anda sudah terbiasa berolahraga dan menikmatinya, anda akan secara alami ingin terus melakukannya.

Sebab kalau olahraga yang dilakukan karena terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang justru hal ini akan membuat anda merasa malas untuk berolahraga. Oleh karena itu, pilihlah olahraga yang anda sukai dan lakukan secara secara rutin.

Baca juga: Bunda Harus Tahu! Inilah Beberapa Merk Susu Bayi Terbaik

6. Jadikan Olahraga Sebagai Bermain

Olahraga yang ringan saja seperti kardio atau jogging akan membuat anda penat bosan melakukannya.

Nah, suapaya tidak membosankan anda bisa memilih jenis olahraga lain yang lebih menyenangkan dan berkelompok, seperti sepak bola, basket, bola voli, tenis meja, badminton dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan agar lebih menyenangkan sekaligus anda bisa bersosialisasi dengan masyarakat lainnya.

7. Perbanyak Makan Buah

Tips hidup sehat berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan.

Karena selain enak, buah-buahan juga menyehatkan tubuh. Makanlah lebih banyak buah-buahan dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang bisa anda konsumsi.

8. Makan Lebih Banyak Sayur

Selain perbanyak makan buah-buahan, anda juga harus memperbanyak sayuran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Dalam hal ini, para ahli menyarakan bahwa anda sebaiknya anda mengonsumsi setidaknya 5-9 porsi buah-buahan/sayuran setiap harinya.

Namun, sayang sebagian besar orang kurang menyenangi sayuran, tentunya hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

9. Kurangi Makanan Olahan dan Makanan Dalam Kaleng

Agar hidup anda lebih sehat, maka sebaiknya kurangi makanan olahan dan makanan dalam kaleng.

Hal ini dikarenakan berbagai alasan seperti misalnya, kandungan gizi yang tidak sempurna, adanya zat pengawet yang ditambahkan yang justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, penambahan garam juga perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi makanan olahan atau kalenggan terlalu sering.

10. Bersihkan Diri Anda Dari Hal – Hal Yang Negatif

Cara hidup sehat yang terakhir adalah bersihkan diri sendiri dari hal-hal yang negatif. Menjadi sehat merupakan pilihan, selain menolak faktor eksternal, anda juga harus mampu untuk menetralisir segala pikiran negatif yang bisa menjadikan anda tidak bahagia dan stres.

Namun, sebaliknya justru anda harus mengisi pikirana anda dengan hal-hal yang positif sehingga anda menjadi tenang dan bahagia. Dengan memiliki jiwa yang tenang dan bahagian, tentunya hal ini akan membuat tubuh anda selalu sehat.

Baca juga: Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami