tips membeli barang elektronik
Percaya atau tidak melakukan pembelian secara online ternyata punya keuntungan tersendiri lho. Salah satunya saja kamu tidak perlu repot – repot mengangkat sendiri barang bawaan ke dalam kendaraan jika barang itu punya size besar. 
Cukup pesan via online dengan mengunjungi beberapa situs terpercaya, maka kamu pun bisa memilih sepuasnya tanpa perlu memikirkan pekerjaan lain yang sedang menunggu. Mengintip barang incaran sambil melakukan aktifitas lain pun bisa. 
Namun, memesan barang eletkronik secara online juga butuh kepercayaan ekstra. Pasalnya selain barang tergolong mewah juga mempunyai harga yang lumayan membuat isi dompet kembang kempis. 
Terkadang kamu butuh waktu ekstra untuk mempertimbangkan apakah membeli via online sudah tepat? Yang tadinya menggebu – gebu pesan online harus ciut gara – gara sempat dengar dari pengalaman orang terdekat. Oleh karena itu kamu harus mengikuti tips dan trick membeli barang elektronik dengan aman berikut ini agar tidak berakhir penyesalan.

Thinking Twice

Berbeda ketika kamu beli pakaian, sepatu dan sejenisnya – membeli barang elektronik via online bagi sebagian orang butuh pemikiran dua kali. Pasalnya harga yang dicantumkan memang cukup mahal. Jika sampai barang sampai ke tempat tujuan dalam keadaan rusak dan tidak berguna tentu uang pun akan melayang begitu saja.
Maka dari itu kamu harus pikirkan matang – matang sebelum menyentuh tombol beli. Mana yang memang sangat kamu butuhkan atau hanya sekadar ingin saja. Kalaupun kamu sudah kepalang jatuh hati pada barang elektronik, gadget dan sejenisnya maka cobalah untuk teliti produk. Dari foto – foto yang tersedia juga bisa mengobati rasa keingintahuan kamu akan keaslian produk tersebut.

Pilih Toko Online Terpercaya

Banyak kok toko online terpercaya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Dengan mengetikkan di kolom google kamu sudah menemukan rekomendasi pilihan yang tentunya jempolan. Tapi tetap waspada ya, karena biasanya bila barang terbilang murah selalu jadi target pembeli. Murah tidak selalu punya kualitas ok lho, justru barang yang mahal juga biasanya memang kualitas top markotop. Harga memang tidak selalu menghianati hasilnya lho.

Pilih Toko Online Bergaransi

Jangan terburu – buru ketika sudah menemukan target. Tidak perlu ragu menanyakan garansi barang jika nanti barang sampai dalam kondisi tidak sempurna. Jaminan garansi inilah yang nanti akan memperbaiki secara gratis jika ada kerusakan. Ingat, barang harus masih dalam keadaan bergaransi lho. Tapi biasanya barang elektronik berkualitas tinggi akan dilengkapi garansi selama satu sampai tiga tahun. 

COD (Cash on Delivery)

Buat kamu yang masih dibayang – bayangi penipuan, cobalah trik ini agar lebih aman. Solusi COD lebih menyakinkan karena kamu tidak harus langsung bayar barang sebelum pesanan datang ke tempat. 
Selain itu jika barang tidak sesuai ekspetasi maka kamu bisa kok mengembalikannya pada si penjual. Jadi, ketika barang telah sampai maka langsung periksa lah kondisinya agar jika barang tidak seperti yang dijelaskan oleh penjual kamu bisa cepat mengembalikannya.

Cek dan Ricek

Dikutip dari Yogrosir memang tidak semua toko online merupakan usaha retail atau grosir memiliki stok barang yang terpajang di situsnya. Oleh karenanya ada beberapa toko online (afiliasi atau dropshipping) menjalin kerjasama dengan vendor lain yang lebih besar. Jadi usahakan untuk selalu menanyakan status ketersediaan barang sebelumnya di toko online tersebut.
Jangan takut ketika harus membeli barang elektronik semacam kulkas, mesin cuci dan kawan – kawan secara online. Pastikan isi kantong kamu sesuai dan kamu pun bisa searching di situs – situs terpercaya. Nah, itu tadi tips dan trick membeli barang elektronik secara aman. Jadi, sudah siap memilah milih?