pempek palembang

5-makanan-khas-palembang

Bermanfaatbanget.com – Selain memiliki banyak tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, Palembang juga juga memiliki berbagai macam kuliner yang enak dan lezat yang patut Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang 5 makanan khas Palembang. Yuk kita simak!

1. Pempek

pempek-makanan-khas-palembang


Makanan khas Palembang yang pertama adalah pempek. Semua orang pasti sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Karena memang pempek ini merupakan makanan khas Palembang yang sangat terkenal hingga ke luar kota Palembang. Dimana, pempek ini merupakan sajian yang terbuat dari sagu dan daging ikan. Lalu dimodifikasi dengan tambahan, telur, udang, tahu dan lainnya. Kemudian pempek ini disajikan dengan saus yang terbuat dari campuran gula merah, garam, gula merah, bawang putih, bawang merah, cabe dan udang ebi. Di Palembang banyak tempat yang menjual pempek ini, salah satu yang terkenal adalah Pempek Pak Raden yang berlokasi di No.80A, Jl.Radial, 24 ilir, Bukit Kecil, Kota Pelambang, Sumatera Selatan. 

2. Burgo

burgo-makanan-khas-palembang


Burgo ini merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu, lalu dimasak seoerti dadar tipis, sebelum kemudian digulung dan diiris kasar. Makanan yang mirip dengan kwetiaw ini akan lebih enak disantap jika disajikan dengan kuah gurih, yang diracik dari santan dan beraneka bumbu seperti kemiri, bawang putih, lengkuas, kunyit, kencur, dan ketumbar. Lalu hidangan ini dilengkapi dengan daging ikan yang disuwir dan bawang goreng, ditambah dengan potongan telur ayam rebus. Agar lebih nikmat anda bisa menambahkan sambal dan jeruk nipis. 

3. Tekwan

5-makanan-khas-palembang-tekwan


Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Tekwan. Tekwan ini makanan hidangan yang berupa sajian bakso ikan, mie putih, kuah bening dengan citarasa yang khas karena terbuat dari daun bawang dan sari kelapa udang. Untuk bisa menikmati makanan yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Pempek Lince yang berlokasi di Jl.Tugumulyo No.2398, 20 ilir D II, ilir Timur I, Palembang, Sumatera Selatan. Harganya juga cukup murah, yakni seporsinya hanya Rp 18 ribu. 

Baca juga: Selain Jembatan Ampera, Ini 5 Tempat Wisata Asyik di Palembang

4. Laksan

laksan-makanan-khas-palembang


Makanan khas Palembang lainnya yang harus Anda cicipi adalah Laksan. Mungkin bagi para pecinta kuliner nusantara akang sangat familiar dengan yang namanya tahu pempek lenjer. Namun, di Palembang makanan ini dinamai dengan nama yang berbeda, yakni Laksan. Dimana, Laksan ini merupakan sajian dalam kuah bersantan sehingga mirip dengan lontong sayur. Rasanya yang sangat enak dan gurih sangat cocok untuk disantap menemani makan siang Anda. Untuk bisa menikmati Laksan ini, Anda bisa mengunjungi Laksan Kaito yang beralamat di Jalan Kapten Anwar Arsyad, No.999, Palembang, Sumatera Selatan. Selain enak harganya juga cukup murah, yakni sekitar Rp 8 ribu / porsi. Tempat makan yang satu ini beroperasi setiap hari mulai pukul 16.00-18.00 WIB. 

5. Celimpungan

celimpungan-makanan-khas-palembang


Celimpungan ini merupakan salah satu turunan lain dari pempek. Makanan khas Palembang ini sangat sulit ditemukan karena memang biasanya hanya ada pada saat Lebaran saja. Makanan dengan bahan dasar sagu dan ikan ini hampir mirip dengan laksan. Namun, celimpungan ini berbentuk bulat putih dan sedikit lebih besar daripada tekwan. Selain itu, celimpungan ini juga memiliki kuah kari kental  yang menjadi salah satu ciri khas dari makanan ini. Untuk bisa menikmati makanan ini Palembang, Anda bisa mengunjungi Warung Aba yang beralamat di Jl. Dr. M. Isa No. 26 / 15, Kuto Batu, ilir Tim, II, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Itu dia 5 makanan khas kota Palembang yang wajib untuk Anda coba ketika berkunjung. Jangan sampai waktu liburan Anda ke ‘Bumi Sriwijaya’ ini terbuang sia-sia karena tidak mencicipi makanan khasnya ya!

Baca juga: Berikut Ini Tips dan Cara Hidup Sehat yang Harus Anda Ketahui