Categories: Resep Makanan

Resep Amparan Tatak Pisang Khas Kalimantan Yang Nikmat Dan Mudah Dibuat

Kamu tentu suka kan makan pisang? Pisang adalah salah satu buah tropis yang bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan lezat. Salah satu kudapan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan utamanya adalah amparan tatak. 

Amparan tatak merupakan salah satu kue tradisional khas Kalimantan yang memiliki cita rasa manis dan lembut. Sekilas, cita rasanya mirip dengan kue nagasari. Penasaran kan ingin coba cicipi cita rasa dari kue tradisional amparan tatak ini? Tenang, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Apalagi cara membuatnya terbilang cukup mudah. 

Berikut resep amparan tatak pisang khas Kalimantan yang nikmat disantap dan mudah dibuat :

Bahan – Bahan Untuk Lapisan Bawah :

Bahan – Bahan Untuk Lapisan Atas :

Pertama – tama, membuat terlebih dahulu rebusan santan dengan memasukkan santan cair ke dalam panci bersama gula, garam, dan juga 2 lembar daun pandan yang sudah disimpulkan. Lalu rebus semua bahan tersebut hingga larut dan mendidih. 

Selanjutnya, siapkan wadah lalu taruh tepung beras dan vanili didalamnya. Lalu tuangkan rebusan santan yang masih panas sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai terbentuk adonan seperti bubur sum sum. 

Setelah adonan terbentuk, ambil ¾ bagian lalu tuangkan kedalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi minyak goreng agar tidak lengket, lalu kukus selama 15 menit. 

Setelah itu, campurkan sisa adonan tepung beras dengan pisang yang sudah dipotong – potong kecil, lalu aduk merata. 

Setelah 15 menit mengukus, keluarkan adonan pertama dari kukusan lalu tuangkan adonan pisang kedalam loyang lagi. Kukus kembali adonan selama 15 menit. 

Langkah selanjutnya yaitu membuat adonan lapisan atas dengan mencampurkan santan kental bersama tepung beras dan garam didalam panci. Lalu rebus semua bahan tersebut sampai mendidih yang ditandai munculnya letupan – letupan buih. 

Aduk rata adonan untuk memastikan tidak ada tepung beras yang menggumpal. Jangan lupa matikan terlebih dahulu kompornya. 

Langkah selanjutnya, kamu bisa menuangkan adonan lapisan atas yang sudah dibuat tadi ke atas adonan lapisan bawah, lalu mengukusnya kembali selama 20 menit. 

Setelah 20 menit mengukus, angkat amparan tatak yang sudah matang dari kukusan. Diamkan hingga dingin agar lebih mudah dipotong dan bisa dinikmati. 

Itulah resep dan cara mudah membuat amparan tatak pisang khas Kalimantan yang nikmat. Selain rasanya enak dan nikmat tentunya amparan tatak pisang ini bergizi. Pisang yang menjadi bahan utama pembuatan kue tradisional ini tidak hanya enak namun juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, C, dan B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan selalu merasa segar dan tidak mudah lemas. 

tantrisantika4

Recent Posts

Cara Buat Es Cappucino Cincau, Cocok untuk Cuaca Panas!

Kalau kamu lagi cari minuman segar yang juga punya rasa yang unik, es cappucino cincau…

2 months ago

Resep Soto Ayam Kampung Khas Tasikmalaya yang Gurih!

Jika Anda pernah berkunjung ke Tasikmalaya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan soto ayam kampung…

2 months ago

Cara Membuat Pasta Aglio Olio Ala Restoran Italia!

Pasta aglio olio adalah salah satu hidangan Italia yang paling sederhana, namun tetap memanjakan lidah.…

2 months ago

Resep Macaroni Schotel Sederhana, Cocok untuk Camilan!

Siapa yang tidak suka dengan macaroni schotel? Hidangan yang satu ini selalu berhasil memikat selera…

2 months ago

Resep Ramyeon ala Drama Korea, Pedasnya Bikin Nagih!

Siapa yang sering nonton drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan ramyeon. Ramyeon…

2 months ago

Resep Terang Bulan Mini Super Lembut dan Enak!

Halo, pecinta kuliner! Siapa di sini yang suka ngemil? Apalagi kalau ngemilnya makanan manis dan…

3 months ago