Categories: Tips

4 Tips Dalam Menyiapkan Acara Pertunangan

Di masyarakat kita ada tradisi sebelum melakukan akan nikah, orang biasanya melakukan tunangan terlebih dahulu. Memang tradisi ini tidak wajib tetapi masih banyak orang yang melakukannya. Acara tunangan ini biasanya selalu identik dengan tukar cincin kawin, namun tidak semua orang  melakukan hal itu. Justru yang ada pemberian perhiasan (cincin, gelang, anting) dari pihak pria kepada pihak perempuan saja. Selain itu, dalam acara tunangan tersebut biasanya sekalian dirembukkan oleh keluarga dari kedua belah pihak dalam menentukan hari pernikahan.
Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dalam acara tunangan? Berikut 4 tips dalam menyiapkan acara tunangan :

1. Mempersiapkan Tujuan

Dalam hal mempersiapkan acara pertunangan, tentunya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu tujuan untuk melangkah ke jenjang pertunangan tersebut. Bertunangan merupakan salah satu langkah didepan sebelum menuju yang lebih serius atau pernikahan, dengan begitu berarti hubungan kalian sudah sangat serius sehingga acara pertunangan bisa menjadi ajang untuk perkenalan antara keluarga kedua belah pihak. Selain itu juga, dalam acara pertunangan akan turut di hadiri oleh kedua keluarga inti atau juga biasanya turut mengundang keluarga besar lainnya. Yang salh satunya adalah teman dekat atau juga para sahabat yang ikut hadir dalam acara ini, sehingga akan tercipta keakraban antara keluarga masing-masing.

2. Memilih Tanggal dan Waktu yang Tepat

Jika anda berencana untuk menggelar acara pertunangan sebaiknya dilakukan pada bulan 6 sampai 11, sebelum pernikahan yang tujuanya adalah agar semakin fokus dalam menyiapkan acara pernikahan. Dalam mengumumkan tanggal pertunangan sebaiknya 1 sampai 2 bulan sebelum hari H, agar keluarga besar lainnya atau teman-teman terdekat anda dapat mengatur jadwal acara mereka.

3. Menentukan Lokasi Pertunangan

Dalam mengadakan pertunangan, biasanya akan digelar di kota atau negara asal kelahiran. Yang dikarenakan orang tua dan saudara serta kerabat dekat akan berada di sana, tentunya hal ini juga tergantung dari siapa penyelenggara acara tersebut  di pihak wanita atau pihak pria atau kesepakatan kedua belah pihak dan pasangan.Ketika menetapkan lokasi acara, jangan lupa untuk memperhatikan terlebih dahulu dimana tempat pesta pernikahan diselenggarakan yang tentunya tidak akan meminta para tamu untuk melakukan perjalan 2 kali.

4. Konsep Undangan

Dalam acara pertunangan tentunya ada 2 macam konsep yang bisa anda lakukan, yang di antara anda bisa memilih konsep dengan menggunakan konsep formal atau juga bisa menggunakan konsep yang sederhana. Jika anda menggunakan konsep yang formal, tentunya anda harus membuat undangan secara formal dengan mengundang cukup banyak orang. Dan jika menggunakan konsep yang sederhana, anda bisa mengundang dengan berbicara secara personal yang mungkin yang diundang hanya keluarga dekat saja.

Itulah 4 tips dalam mempersiapkan acara tunangan, semoga informasi ini ada manfaatnya khususnya bagi anda yang akan melakukan acara tunangan
tantrisantika4

Recent Posts

Tips Orangtua dalam Menjaga Anak, Peran Penting Orangtua!

Menjadi orangtua adalah peran yang penuh tantangan dan juga penuh kebahagiaan. Salah satu aspek penting…

3 days ago

Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Jahe, tanaman rimpang yang telah lama digunakan dalam berbagai tradisi kuliner dan pengobatan di seluruh…

2 weeks ago

Aplikasi yang Harus ada di Laptop, Tingkatkan Produktivitas Anda!

Di era digital ini, laptop telah menjadi perangkat penting bagi banyak orang. Baik untuk bekerja,…

3 weeks ago

Apa Itu Skin Barrier, Mengenal Pelindung Alami Kulit Anda!

Anda mungkin sering mendengar tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit, tetapi tahukah Anda bahwa di balik…

4 weeks ago

Tata Cara Sholat Jenazah: Panduan Lengkap dan Mudah Dipahami

Kematian adalah sebuah kepastian yang akan dihadapi oleh setiap manusia. Sebagai umat Islam, mengantar kepergian…

1 month ago

Sholat Hajat untuk Apa? Pahami Tujuannya!

Sholat hajat merupakan salah satu bentuk ibadah yang diajarkan oleh agama Islam. Ibadah ini memiliki…

2 months ago